Laman

Selasa, 28 Desember 2010

PIKIRAN TERKENDALI


FILOSOFI HIDUP

Orang yang bijaksana selalu berusaha menjaga pikirannya, sebab pikiran yang terkendali dengan baik akan membawa kebahagiaan


LELUCON

Supporter Sepak Bola Fanatik

Michael menonton pertandingan derby antara Manchester United dan Liverpool, Stadion Old Trafford itu penuh sesak dan hanya ada satu kursi kosong - di samping Michael.
"Siapa yang punya kursi ini?" tanya orang di kursi depan.
"Istri saya biasanya duduk di sini." Michael menjawab.
"Tapi mengapa dia tidak ada di sini?" tanya orang itu.
"Dia meninggal." Kata Michael datar.
"Jadi kenapa tidak Anda berikan tiket ke salah satu teman atau pasangan Anda?"
"Mereka semua pergi ke pemakaman..." Kata Michael.


TIPITAKA

Kisah Bhikkhu yang Keras Kepala

Suatu ketika ada seorang bhikkhu yang merasa sangat menyesal karena telah memotong rumput tanpa sengaja. Ia mengakui hal tersebut di hadapan bhikkhu lain. Bhikkhu yang mendapat pengakuan kesalahan tersebut mempunyai sifat sembrono dan keras kepala, ia memandang remeh terhadap kesalahan kecil.

Maka, ia menjawab kepada bhikkhu pertama, “Memotong rumput adalah pelanggaran yang sangat kecil. Jika kamu menyatakan dan mengakui kesalahan kepada bhikkhu lain, secara otomatis kamu bebas dari kesalahan. Tak ada yang perlu dirisaukan.” Setelah mengatakan hal itu, ia sendiri mencabut segenggam rumput dengan kedua tangannya untuk menunjukkan bahwa ia hanya menganggap ringan terhadap pelanggaran yang tak berarti ini. Ketika Sang Buddha diberitahu tentang hal ini, Beliau menegur bhikkhu yang sembrono dan keras kepala itu.
Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 311, 312, dan 313 berikut ini :

Bagaikan rumput kusa, bila dipegang secara salah
akan melukai tangan;
begitu juga kehidupan seorang pertapa,
apabila dijalankan secara salah
akan menyeret orang ke neraka.
Bila suatu pekerjaan dikerjakan dengan seenaknya,
suatu tekad tidak dijalankan dengan selayaknya,
kehidupan suci tidak dijalankan dengan sepenuh hati;
maka semuanya ini
tidak akan membuahkan hasil yang besar.
Hendaklah orang mengerjakan sesuatu
dengan sepenuh hati.
Suatu kehidupan suci
yang dijalankan dengan seenaknya
akan membangkitkan debu nafsu
yang lebih besar.

Pada akhir khotbah Dhamma, bhikkhu yang sembrono dan keras kepala itu menyadari pentingnya pengendalian diri dalam kehidupan seorang bhikkhu, dan mematuhi secara ketat ‘Peraturan Pokok’ (Patimokkha) bagi para bhikkhu. Beberapa waktu kemudian, melalui praktek meditasi ‘Pandangan terang’ , bhikkhu tersebut mencapai tingkat kesucian arahat.


VEGETARIAN

Mengapa Lea Michele Dan Natalie Port Jadi Vegetarian

Kelihatannya menata meja di restoran bistik jadi agak lebih mudah belakangan ini! Kecenderungan diet teranyar di Hollywood melarang orang makan daging merah ... dan daging ayam juga. Itu berlaku buat setiap makanan lain dengan bahan dasar hewani --semuanya atas nama pola makan yang bersih dan janji tubuh yang lebih sehat.

Namun apakah pola makan itu memang benar adanya? Atau apakah selebriti yang jadi pengikutnya seperti Lea Michele, Natalie Portman dan Kellie Pickler menghadapi resiko kekhawatiran kesehatan?

Pola makan vegetarian pada dasarnya berarti hanya mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar tanaman seperti sayuran, buah, buncis, dan biji-bijian. Karena makanan itu rendah kalori, "menghitung kalori sebenarnya tak perlu!", kata ahli gizi selebriti Cynthia Pasquella.
Sebenarnya, berbagai studi telah memperlihatkan bahwa pengikut pola makan yang berdasarkan tanaman secara mencolok lebih kurus, kata Pasquella. Klien ahli gizi selebriti tersebut meliputi Debra Messing (42 tahun) dan Sandra Bullock (46 th).

Manfaat lain kesehatan dari pola makan vegetarian meliputi kadar kolesterol dan tekanan darah yang lebih rendah. Selain itu, peningkatan nutrien seperti vitamin A, B dan E sangat bagus buat kulit, dan meningkatkan rambut yang lebih sehat serta kuku dan meningkatkan energi.
Jadi nggak heran kalau Lea Michele (24 tahun), yang harus melakukan pelatihan selama berjam-jam buat tayangan "Glee", memuji makanan vegannya karena membantu dia menjalani jadwal yang padat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar