Laman

Kamis, 06 Januari 2011

PEMBERIAN MAAF

FILOSOFI HIDUP

Bukankah Lebih mudah jika kita melepaskan setiap masalah yang lalu dan menatap hari esok dengan lebih cerah ? Bukankah lebih menyenangkan untuk memberikan maaf bagi setiap orang yang pernah berbuat salah kepada kita ?


LELUCON

Memberikan Hadiah Cincin Berlian

Seorang istri merajuk kepada suaminya agar dibelikan mobil sebagai hadiah ulang tahun. Tetapi si suami malah membelikannya cincin berlian yang luar biasa indahnya. Teman si suami terheran-heran dengan pilihannya.

Diam-diam dia bertanya, "Mengapa kamu justru membelikan istrimu cincin berlian, bukannya mobil?"

Si suami tersenyum dan berkata, "Susah mencari mobil palsu."


TIPITAKA

Kisah Bhikkhu yang Keras Kepala

Suatu ketika ada seorang bhikkhu yang merasa sangat menyesal karena telah memotong rumput tanpa sengaja. Ia mengakui hal tersebut di hadapan bhikkhu lain. Bhikkhu yang mendapat pengakuan kesalahan tersebut mempunyai sifat sembrono dan keras kepala, ia memandang remeh terhadap kesalahan kecil.

Maka, ia menjawab kepada bhikkhu pertama, Memotong rumput adalah pelanggaran yang sangat kecil. Jika kamu menyatakan dan mengakui kesalahan kepada bhikkhu lain, secara otomatis kamu bebas dari kesalahan. Tak ada yang perlu dirisaukan. Setelah mengatakan hal itu, ia sendiri mencabut segenggam rumput dengan kedua tangannya untuk menunjukkan bahwa ia hanya menganggap ringan terhadap pelanggaran yang tak berarti ini. Ketika Sang Buddha diberitahu tentang hal ini, Beliau menegur bhikkhu yang sembrono dan keras kepala itu.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 311, 312, dan 313 berikut ini :
Bagaikan rumput kusa, bila dipegang secara salah

akan melukai tangan;
begitu juga kehidupan seorang pertapa,
apabila dijalankan secara salah
akan menyeret orang ke neraka.
Bila suatu pekerjaan dikerjakan dengan seenaknya,
suatu tekad tidak dijalankan dengan selayaknya,
kehidupan suci tidak dijalankan dengan sepenuh hati;
maka semuanya ini
tidak akan membuahkan hasil yang besar.
Hendaklah orang mengerjakan sesuatu
dengan sepenuh hati.
Suatu kehidupan suci
yang dijalankan dengan seenaknya
akan membangkitkan debu nafsu
yang lebih besar.

Pada akhir khotbah Dhamma, bhikkhu yang sembrono dan keras kepala itu menyadari pentingnya pengendalian diri dalam kehidupan seorang bhikkhu, dan mematuhi secara ketat Peraturan Pokok(Patimokkha) bagi para bhikkhu. Beberapa waktu kemudian, melalui praktek meditasi Pandangan terang , bhikkhu tersebut mencapai tingkat kesucian arahat.


VEGETARIAN

Keuntungan Mengkonsumsi Vegetarian

1. Umur anda lebih panjang
Kalau dibandingkan para vegan, renggang hidup pelaku vegetarian lebih panjang 7 tahun.Vegetarian sama sekali tidak makan daging dan bahan hewani apapun, termasuk bahan non-daging yang didapat tanpa membunuh seperti telur, susu, keju, yogurt.

2. Kesehatan jantung anda terjaga
Penyakit jantung disebabkan antara lain polamakan yang salah, meningkatnya kadar kolesterol darah, kurang gerak badan, dan stres.

3. Anda jauh dari ancaman kanker
Studi lain yang dilakukan di Jerman menyimpulkan sistem kekebalantubuh kaum vegetarian lebih efektif membunuh sel tumor daripada sistemkekebalan tubuh para pemakan daging. Sayur mayur melindungi merekadari kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker kulit.David Pumantel, seorang ekologis, menyatakan rata-rata orang ASumumnya pemakan segalanya dan bukan vegetarian, mengkonsumsi 112 gramprotein per hari, dua kali anjuran kecukupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar