Laman

Kamis, 28 Juni 2012

KESADARAN


FILOSOFI HIDUP 

Tidak ada yg namanya Jalan Menuju Kedamian.
Karena kedamaian itu adalah Jalannya.
Yg perlu dilakukan adalah "sadar".


LELUCON

 Tebakan Lucu

Kenapa superman punya poni mirip huruf "S"?

Karena bencong salon langganan Clark Kent kelewatan ngebonding beberapa poninya.


TIPITAKA

Kisah Culadhanuggaha, Pemanah yang Trampil

Suatu ketika seorang bhikkhu muda menerima dana makanan pada salah satu tempat berteduh yang khusus dibuat untuk para bhikkhu di dalam kota. Setelah makan ia merasa ingin minum. Ia pergi ke suatu rumah dan meminta air minum, seorang gadis keluar untuk memberinya air minum. Begitu melihat bhikkhu muda tersebut, gadis itu jatuh cinta kepadanya. Ia mengundang bhikkhu muda itu untuk datang ke rumahnya bila merasa haus dengan harapan agar dapat membujuk bhikkhu muda tersebut.

Setelah beberapa waktu, ia mengundang bhikkhu muda tersebut ke rumahnya untuk menerima dana makanan. Pada hari itu, ia berkata kepada bhikkhu muda itu bahwa ia mempunyai segala sesuatu yang ia inginkan dalam rumah, tetapi tidak ada lelaki yang merawatnya, dan sebagainya. Mendengar kata-kata ini, bhikkhu muda menangkap isyarat tersebut dan ia merasa makin terikat pada gadis yang menarik itu. Ia menjadi sangat tidak puas dengan kehidupannya sebagai seorang bhikkhu dan menjadi kurus. Para bhikkhu lain melaporkan hal itu kepada Sang Buddha.

Sang Buddha mengundang bhikkhu muda tersebut, dan berkata padanya, “Anak-Ku, dengarkan Aku. Gadis muda ini akan menyebabkan keruntuhanmu seperti yang telah dia lakukan padamu dalam kehidupanmu yang lampau.

Dalam salah satu kehidupanmu yang lampau, kamu adalah seorang pemanah yang sangat trampil dan ia adalah istrimu. Pada suatu kesempatan, ketika kamu berdua sedang dalam perjalanan, kamu bertemu dengan sekelompok orang jalanan. Istrimu jatuh cinta dengan pemimpin kelompok itu. Ketika kamu dan pemimpin kelompok itu sedang terlibat dalam satu perkelahian, kamu berteriak pada istrimu agar memberikan pedangmu. Tetapi istrimu memberikan pedang itu pada pemimpin kelompok yang segera membunuhmu. Jadi, ia adalah penyebab kematianmu. Sekarang juga, ia akan menjadi penyebab kehancuranmu jika kamu mengikutinya dan meninggalkan pasamuan bhikkhu demi kepentingannya.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 349 dan 350 berikut :

Orang yang pikirannya kacau, penuh dengan nafsu,
dan hanya melihat pada hal-hal yang menyenangkan saja,
maka nafsu keinginannya akan terus bertambah.
Sesungguhnya orang seperti itu
hanya akan memperkuat ikatan belenggunya sendiri .

Orang yang bergembira dalam menenangkan pikirannya,
tekun merenungkan hal-hal yang menjijikkan
(sebagai objek perenungan dalam samadhi) dan selalu sadar,
maka ia akan mengakhiri nafsu-nafsu keinginannya
dan menghancurkan belenggu Mara.

Bhikkhu muda mencapai tingkat kesucian sotapatti setelah khotbah Dhamma itu berakhir.


VEGETARIAN


Siapa Vegetarian Paling Seksi Tahun Ini?

Kata siapa jadi vegetarian itu tak seksi? Banyak yang menganggap orang yang tidak mengonsumsi daging, telur, atau susu tak bisa punya tubuh bugar dan berotot. PETA membuktikan dengan menyelenggarakan kontes Sexiest Vegetarian Next Door.

People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) adalah organisasi terbesar di dunia yang membela hak-hak hewan. Ada empat hal utama yang mereka soroti, yakni kekejaman terhadap hewan di peternakan, di perdagangan pakaian, di laboratorium, dan di industri hiburan.

PETA sering menggunakan cara-cara kontroversial dalam berkampanye, misalnya foto telanjang selebriti yang anti kekerasan terhadap hewan. Kali ini, mereka menggunakan kontes kecantikan untuk mempromosikan gaya hidup vegetarian.

Sexiest Vegetarian Next Door adalah ajang pencarian pria dan wanita seksi yang menganut gaya hidup vegan atau vegetarian. Syaratnya, pendaftar harus berasal dari Amerika Serikat dan berusia di atas 22 tahun. Untuk remaja usia 13-21 tahun, ada pula kontes tahunan bernama Cutest Vegetarian Alive.

Dari semua formulir yang masuk, akan dipilih 20 finalis yang berasal dari peraih voting terbanyak dan pilihan juri. Setelah itu, mereka akan divoting lagi. Pemenang kontes Sexiest Vegetarian Next Door ditentukan berdasarkan jumlah voting yang diperoleh, antusiasme dalam menjalani dan mempromosikan gaya hidup vegetarian, serta penilaian PETA terhadap daya tarik kontestan.

Tahun ini, gelar Sexiest Vegetarian Next Door 2012 diraih oleh Zachary Koval untuk kategori pria dan Tiana Rae Tran untuk kategori wanita. Mereka berhak mendapat liburan gratis ke Hawaii selama 8 hari 7 malam, termasuk biaya pesawat dari Amerika Serikat dan akomodasi di resort untuk masing-masing dua orang.

Zachary (28) berasal dari Brooklyn, New York. Ia menjadi vegetarian sejak usia 10 tahun dan memutuskan menjadi vegan setelah mendapat pekerjaan di restoran vegan terkemuka. Keluarganya punya riwayat diabetes, penyakit jantung, dan darah tinggi. Meski demikian, pria yang berprofesi sebagai aktor ini berhasil memeranginya dengan menjalani gaya hidup sehat. Olahraga yang disenanginya adalah yoga, panjat tebing, dan bersepeda.

Julukan wanita vegetarian paling seksi tahun ini jatuh kepada Tiana Rae Tran (22) dari San Jose, California. Sebagai penganut agama Kristen yang taat, Tiana menganggap vegetarian membuatnya bebas dari rasa bersalah. "Saya tak perlu khawatir bertemu dengan hewan-hewan yang saya makan di surga nanti," ujarnya, seperti dikutip dari website PETA. Sebelumnya, ia pernah memenangkan kontes Miss National Asia.

Pemenang kontes Sexiest Vegetarian Next Door diumumkan pada Senin (21/5) lalu. Ajang ini merupakan salah satu kegiatan tahunan PETA yang sudah diselenggarakan sejak 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar