Laman

Rabu, 27 Oktober 2010

JIWA yang TENTRAM


FILOSOFI HIDUP

Mereka tidak menyesalkan masa lampau, mereka tidakmendambakan yang belum datang. Mereka memenuhi diri mereka sendiri. Dengan apayang mereka terima. Karena itu, mereka tampak tentram senantiasa.


LELUCON

Doa Minta Jodoh berbagai Edisi

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, Jauhkanlah. (edisi wajar)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, Tolong dibantu yak! Bimsalabim jadi apa prok 3x! (edisi Pak Tarno)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, tolong dicek lagi ! Mungkin salah baca. (edisi ngotot)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, TER LA LU... (edisi Bang Rhoma Irama)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, tolong isi pulsa mama yaaaa. (edisi penipu)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku,saya hanya bisa prihatin (edisi SBY)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, temennya lucu juga. (edisi nawar)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, kenapa dia ada di GOLKAR? (edisi oposisi)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, SALAH GUE?!! SALAH TEMEN-TEMEN GUE?!! (edisi AADC)

Ya Tuhan... kalau dia jodohku, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodohku, ya sudahlah... (edisi Bondan feat Fade 2 Black)

Ya Tuhan... kalau dia ini jodohku, lindungilah dia! Jangan sampai dia tertukar ato hilang. (edisi sendal saat Shalat Jumat)


TIPITAKA

Kisah Anak Laki-laki Penebang Kayu

Suatu ketika di Rajagaha, seorang penebang kayu pergi ke dalam hutan dengan anak laki-lakinya untuk mencari kayu. Waktu kembali ke rumah pada sore hari, mereka berhenti dekat suatu pemakaman untuk makan. Mereka juga melepaskan kuk dari dua lembu jantannya sehingga lembu-lembu bisa merumput di sekitar tempat itu. Tetapi ke dua lembu jantan pergi tanpa mereka sadari. Segera setelah mereka sadar bahwa dua ekor lembunya telah hilang, penebang kayu pergi mencarinya, meninggalkan anaknya dengan kereta berisi kayu bakar. Sang ayah memasuki kota, mencari lembunya. Ketika ia kembali pada anaknya, ternyata ia sudah terlambat, gerbang kota sudah ditutup. Karena itu anak laki-lakinya terpaksa tidur sendiri di bawah kereta.

Anak laki-laki penebang kayu itu, meskipun usianya muda, selalu penuh perhatian dan mempunyai kebiasaan merenungkan sifat-sifat mulia Sang Buddha.

Malam itu dua raksasa datang untuk menakut-nakuti dan ingin membuatnya celaka. Ketika salah satu raksasa menarik kaki anak laki-laki itu, ia berteriak, " Saya menghormat kepada Sang Buddha!" (Namo Buddhassa).

Mendengar kata-kata dari anak itu, raksasa-raksasa menjadi ketakutan dan juga merasa harus melindungi anak itu. Sehingga salah satu dari kedua raksasa itu tetap berada di dekat anak itu, menjaganya dari semua bahaya. Raksasa lainnya pergi ke istana raja dan membawa nampan berisi makanan Raja Bimbisara. Kedua raksasa memberi makan kepada anak itu bagaikan anaknya sendiri. Di istana raja, raksasa meninggalkan pesan tertulis perihal nampan makanan istana, dan pesan ini hanya terbaca oleh sang Raja.

Pada pagi hari, pengawai Raja menemukan bahwa nampan makanan istana telah hilang, mereka sangat putus asa dan ketakutan. Raja menemukan pesan yang ditinggalkan oleh raksasa dan menunjukkan pegawainya tempat di mana ia harus mencari. Pegawai raja menemukan nampan makanan istana di antara kayu bakar di dalam kereta. Mereka juga menemukan anak laki-laki yang masih tidur di bawah kereta. Ketika ditanya, anak itu menjawab bahwa ayahnya datang kepadanya untuk memberi makan pada malam hari dan ia tidur pulas, tanpa takut setelah memakan makanannya. Anak itu hanya mengetahui sampai di situ, tidak lebih.

Raja menghadapkan kedua orang tuanya bersama dengan anak itu kepada Sang Buddha. Raja waktu itu telah mendengar bahwa anak tersebut selalu penuh perhatian merenungkan sifat-sifat mulia Sang Buddha dan juga ia telah meneriakkan 'Namo Buddhassa', ketika raksasa menarik kakinya di malam hari.

Raja bertanya kepada Sang Buddha, "Apakah penuh perhatian terhadap sifat-sifat mulia Sang Buddha adalah satu-satunya Dhamma yang dapat memberi perlindungan kepada seseorang terhadap kemalangan dan mara bahaya, ataukah penuh perhatian terhadap sifat-sifat mulia Dhamma sama manfaat dan kuatnya?"

Sang Buddha menanggapi, "O Raja, siswaKu! Terdapat enam hal, apabila penuh perhatian terhadapnya akan merupakan perlindungan yang baik mengatasi kemalangan dan mara-bahaya."

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 296, 297, 298, 299, 300, dan 301 berikut :

Para siswa Gotama telah bangun dengan baik dan selalu sadar, sepanjang siang dan malam mereka selalu merenungkan sifat-sifat mulia Sang Buddha dengan penuh kesadaran.

Para siswa Gotama telah bangun dengan baik dan selalu sadar, sepanjang siang dan malam mereka selalu merenungkan sifat-sifat mulia Dhamma dengan penuh kesadaran.

Para siswa Gotama telah bangun dengan baik dan selalu sadar, sepanjang siang dan malam mereka selalu merenungkan sifat-sifat mulia Sangha dengan penuh kesadaran.

Para siswa Gotama telah bangun dengan baik dan selalu sadar, sepanjang siang dan malam mereka selalu merenungkan sifat-sifat badan jasmani dengan penuh kesadaran.

Para siswa Gotama telah bangun dengan baik dan selalu sadar, sepanjang siang dan malam mereka bergembira dalam keadaan bebas dari kekejaman.

Para siswa Gotama telah bangun dengan baik dan selalu sadar, sepanjang siang dan malam mereka bergembira dalam ketentraman samadhi.

Pada saat khotbah Dhamma berakhir, anak itu beserta kedua orang tuanya mencapai tingkat kesucian sotapatti. Kemudian mereka bergabung dalam Pasamuan Bhikkhu (Sangha) dan akhirnya mencapai tingkat kesucian arahat.


VEGETARIAN

Pola Makan Vegetarian dalam Perjalanan Ruang Angkasa

Makanan memegang peranan yang sangat penting dalam menunjang kesehatan para astronaut. Pola makan yang direncanakan dengan baik serta menu yang bervariasi adalah hal yang penting dalam misi ruang angkasa jangka panjang karena pola makan yang monoton dapat menimbulkan masalah psikologis dan masalah penurunan berat badan yang serius sebagaimana yang telah dialami oleh beberapa angkasawan dalam stasiun ruang angkasa Mir.

Dalam misi mereka yang baru-baru ini di dalam Space Shuttle (Pesawat Ulang-Alik), para astronaut memakan makanan yang ditanam dan dibuat di bumi. Jumlahnya terbatas sekitar 4 pon per orang per hari karena misi mereka relatif lebih singkat. Tetapi, untuk perjalanan ruang angkasa yang berjangka panjang seperti misi penerbangan ke Mars, maka persiapan dan penyimpanan makanan menjadi suatu tantangan yang besar. Perjalanan ke Mars memakan waktu enam bulan sekali jalan. Jika kita menghitung tambahan waktu yang diperlukan para astronaut untuk tinggal dan melakukan penelitian di Mars, maka mereka akan memerlukan total waktu dua tahun. Dengan menghitung berdasarkan 4 pon per hari, secara keseluruhan mereka akan membutuhkan lebih dari 17.000 pon makanan untuk 6 orang awak kapal.

Untuk mengurangi biaya yang sangat mahal dalam membawa atau meluncurkan makanan yang terbungkus, jawaban yang pasti adalah dengan menumbuhkan makanan di atas pesawat dan juga di Mars selama misi tersebut. Karena itu, para ilmuwan telah mempelajari bagaimana menumbuhkan sayuran dan tanaman lainnya di ruang angkasa. Tanaman yang ditumbuhkan di ruang angkasa akan menggunakan cara hidroponik, ditumbuhkan dalam campuran air dan nutrisi; dan bukannya di tanah.

Memelihara tanaman dan sayuran di atas pesawat selama perjalanan jangka panjang dapat dilakukan, tetapi tidaklah demikian halnya dengan memelihara hewan untuk mendapatkan daging dan produk susu. Karena untuk memelihara hewan, tidak hanya memerlukan ruang yang sangat besar, tetapi juga membutuhkan lebih banyak sumber daya yang melebihi apa yang bisa disediakan oleh pesawat atau stasiun ruang angkasa. Sebagai contoh, untuk menghasilkan 1 pon daging sapi dibutuhkan sekitar 10 pon jagung. Memelihara hewan di atas pesawat juga akan menimbulkan polusi bagi lingkungan sekitar. Karena itu, sangatlah penting untuk beradaptasi terhadap konsumsi makanan vegetarian dalam perjalanan ruang angkasa jangka panjang.
Dalam suatu penelitian selama tiga tahun yang dibiayai oleh NASA dan dilaksanakan oleh para ilmuwan di Universitas Cornell di New York, telah dikembangkan 200 resep makanan untuk para astronaut yang terutama terbuat dari bahan makanan vegetarian seperti gandum, beras, kacang kedelai, dan sayuran. Lagi pula, semua bahan utama tersebut dapat ditumbuhkan secara hidroponik dalam rumah kaca yang diberikan cahaya buatan dengan suhu yang diatur. Hanya sekitar 10 persen dari kalori makanan tersebut berasal dari bahan yang diproduksi di Bumi yang di antaranya meliputi lemak, pemberi aroma, dan bermacam-macam makanan non-vegetarian atau makanan yang menggunakan produk susu yang kebanyakan digunakan sebagai bumbu, serta sedikit kemewahan seperti coklat. Tujuan dari penelitian tersebut tidak hanya untuk membuat makanan di ruang angkasa menjadi penuh nutrisi, tetapi juga enak dan sedapat mungkin mirip dengan makanan di Bumi.

Resep tersebut dicoba oleh 16 orang sukarelawan yang hanya mengkonsumsi makanan vegan selama 30 hari. Hasilnya adalah positif. Selain menu lezat yang meliputi hidangan seperti ‘seitan tacos’ yang diberi selada air dan tomat yang dibubuhi dengan keju yang dibuat di bumi, wortel yang dipotong memanjang, tempe sloppy joe, saus pesto kemangi dengan kacang kedelai, pasta primavera dan tofu cheesecakes (kue keju yang terbuat dari tahu), kesangsian akan kesehatan dan nutrisi dari makanan tersebut juga telah terjawab. Salah seorang sukarelawan tersebut merasa lebih baik setelah mengkonsumsi makanan vegetarian selama 30 hari dan berjanji untuk terus mengkonsumsi makanan vegetarian setiap hari.

Selain itu, beberapa ilmuwan menyadari pentingnya meneliti nutrisi pada makanan vegetarian karena masalah kesehatan dalam perjalanan ruang angkasa juga dialami oleh orang-orang di Bumi. Sebagaimana yang dikatakan oleh seorang ilmuwan, “Sangatlah jelas bahwa makanan para astronaut sebagian besar adalah makanan vegetarian. Makanan yang berasal dari tumbuhan sangat kaya akan kalsium dan mengandung antioksidan yang tinggi. Makanan yang memberikan energi tinggi inilah yang akan dipilih.” Karena itu, jelaslah bahwa untuk mengatasi masalah kesehatan para pelancong ruang angkasa, penemuan yang berasal dari penelitian nutrisi makanan vegetarian juga akan bermanfaat bagi mereka yang tinggal di bumi.

Pada kenyataannya, ada beberapa astronaut yang bervegetarian. Letkol Timothy J. (TJ) Creamer, astronaut NASA dan calon Mission Specialist adalah seorang vegetarian. astronaut Kalpana Chawla yang tewas dalam pesawat Columbia pada tahun 2003 adalah seorang vegetarian penuh. Dr. Janice Voss, seorang astronaut aktif lainnya yang telah mempunyai jam terbang di luar angkasa selama 900 jam, juga seorang vegetarian. Para pakar yang terlatih tersebut telah menunjukkan kemampuan mereka untuk beradaptasi terhadap pelatihan astronaut yang keras. Bagi mereka, makanan tanpa daging dalam perjalanan ruang angkasa jangka panjang adalah sealami makanan sehari-hari mereka.

Tetapi, beralih ke pola makan vegetarian mungkin tidaklah sesulit yang dipikirkan oleh sejumlah orang. Bagi para peserta penelitian, mereka mengatakan bahwa itu hanyalah semata-mata menciptakan kebiasaan baru terhadap cita rasa yang berbeda. “Sebagai contoh, kami telah memperhatikan bahwa tak seorang pun yang menyukai pengganti produk susu kami, seperti susu kedelai atau susu beras, selama uji coba pencicipan. Tetapi para peserta menjadi terbiasa dengan pengganti produk susu itu dan menerimanya dengan baik saat mereka mulai memakannya secara teratur,” kata Jean Hunter, associate professor (pengajar yang pangkatnya di bawah profesor) di bidang pertanian dan rekayasa biologis di Cornell yang memimpin proyek pola makan vegetarian.

Bumi ini sendiri dapat diumpamakan sebagai sebuah kapal ruang angkasa dalam perjalanan berjangka panjang, yang memiliki sumber daya yang terbatas. Karena itu, melaksanakan pola makan vegetarian di atas ‘pesawat ruang angkasa -Bumi’ ini sangatlah penting demi alasan-alasan praktis sebagaimana juga demi alasan kasih, terutama karena masalah kelaparan dan polusi lingkungan secara efektif dapat dihilangkan jika setiap orang menjadi vegetarian. Tetapi, dengan berkah dari Guru, bersamaan dengan usaha yang terus-menerus dari para rekan sepelatihan serta organisasi vegetarian lainnya, maka ada lebih banyak orang yang memahami akan pentingnya pola makan vegetarian


PSIKOLOGI & PENGOBATAN TRADISIONAL

Terapi Gangguan Tidur (Insomnia)

Gangguan tidur dikenal oleh banyak kalangan masyarakat sebagai insomnia, namun gangguan tidur terbagi atas 2, yaitu dyssomnia yang berupa imsomnia, hipersomnia dan gangguan jadwal tidur jaga sedangkan parasomnia mencakup somnambulisme (sleepwalking), teror tidur (Night Terrors) atau mimpi buruk (Nightmare).

Gangguan tidur merupakan gejala kelainan dari tidur yang mencakup jumlah, kualitas, waktu tidur atau kejadian-kejadian abnormal pada orang sedang tidur.

Kelompok gangguan tidur adalah :

1. DyssomniaGangguan dalam jumlah, kualitas atau waktu tidur. Penderita dapat menderita satu dari tiga macam gangguan tidur ini, yaitu terlalu banyak, terlalu sedikit tidur atau gangguan dalam jadwal atau pola tidur yang disebabkan oleh hal-hal emosional, misalnya :

a. Insomnia : Keluhan adanya kesulitan masuk tidur atau mempertahankan tidur, atau kualitas tidur yang buruk.
b. Hipersomnia : Kebutuhan tidur berlebihan, tidak pernah merasa lelah istirahat, meski sudah tidur semalaman sebagian sulit untuk bangun pada pagi hari.
c. Gangguan jadwal tidur jaga : Pola tidur-jaga dari individu tidak seirama dengan pola tidur-jaga yang normal (banyak diderita pada pekerja yang kerja malam-siang).

2. ParasomniaGangguan tidur berupa adanya kejadian-kejadian abnormal pada waktu tidur atau ketika baru bangun, banyak diderita oleh anak daripada orang dewasa dan jika mulai terjadinya sudah dewasa maka lebih kronis, contohnya :

a. Somnambulisme (Sleepwalking) : Penderita tidak responsif terhadap orang lain yang mencoba membangunkannya dan mereka lupa apa yang terjadi, penderita sering melakukan makan, membuka pintu maupun berjalan keliling rumah.
b. Mimpi buruk (Nightmare) : mimpi buruknya terjadi berkali-kali dan mereka menjadi distres karena mimpinya atau gangguan yang terjadi pada tidurnya.
c. Teror tidur : sering bangun sekonyong-konyong dan panik dan bukan karena mimpi buruk, terjadi gejala-gejala fisik selain adanya pengalaman psikologis yang berupa ketakutan. Gejala fisik itu berupa berkeringat, detak jantung cepat dan sesak nafas.

Beberapa gejala penyebab gangguan tidur adalah :

1. Sering berubah-ubah jam tidur /jam kerja
2. Bekerja pada malam hari
3. Penggunaan obat terlarang atau alkohol yang berlebihan
4. Efek samping obat
5. Kerusakan pada otak (stroke)
6. Stres/depresi
7. Gangguan kecemasan8. Dll

Insomnia dalam ilmu pengobatan cina umumnya dan ilmu akupunktur khususnya disebut sebagai Se Ming, Se berarti hilang, Ming berarti tidur, etiologi :

1. Terlampau memeras otak, keinginan/harapan tidak tercapai sehingga Ci Limpa dan Jantung mengumpal, fungsi jantung terggangu, Sen yang disimpannya tak terpelihara baik, maka timbullah insomnia.
2. Pengumbaran nafsu birahi yang melemahkan Yin Ginjal.
3. Adanya api hati
4. Tidak teratur makan melukai limpa dan lambung.

Akupunktur berkhasiat terhadap penyakit ini dan memberikan hasil yang baik. Dengan penambahan pengobatan dalam bidang mental (Psikoterapi) akan didapat hasil yang lebih memuaskan."Accurate" Health Center merupakan klinik pengobatan dalam bidang psikologi, akupunktur dan refleksiologi menyediakan berbagai jenis pengobatan terutama pengobatan dalam penyakit insomnia. "Accurate" Health Center dapat memberikan psikoterapi yang berupa terapi kognitif untuk mempengaruhi pikiran dan kebiasaan-kebiasaan untuk tidur dan dapat mengobati gangguan kecemasan (depresi) melalui hipnoterapi jika diperlukan.

Penerapan yang paling efektif untuk penyakit insomnia (sulit tidur) adalah dengan menggunakan terapi akupunktur yang bertitik pusat pada daerah kepala, muka dan dada. Daerah kepala merupakan tempat pusat otak berkerja sehingga dapat mempengaruhi pikiran termasuk kondisi pikiran pada saat tidur, daerah muka merupakan tempat beradanya panca indera sehingga mempengaruhi seluruh aktifitas pancar indera pada saat ingin tidur kemudian daerah dada merupakan pusat jantung yang dapat mempengaruhi alirah darah pada seluruh tubuh kita. Oleh sebab itu, pengobatan tersebut akan berpusat pada tiga tempat tersebut untuk mempengaruhi kondisi tidur. Pengobatan akan diterapkan melalui penggunaan akupunktur pada titik-titik yang bersangkutan dan kemudian akan dipadu juga dengan pijat pengobatan untuk melemaskan otot-otot, angin, darah tersumbat atau adanya darah-darah yang kurang lancar di daerah kepala, muka maupun dada yang dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia.

Titik-titik akupunktur yang sering digunakan untuk pengobatan insomnia adalah :

1. Titik utama : Shenmen, Neiguan, Sanyinjio
2. Limpu Xu dan kurang darah : Pishu, Xinshu, Yinbai
3. Jantung dan ginjal tidak seimbang : Xinshu, Shenshu, Taixi
4. Api Hati berkobar : Ganshu, Danshu, Wangu
5. Qi lambung tidak seimbang : Weishu, Zusanli

Pengobatan "Accurate" Health Center merupakan pengobatan tradisional/alternatif secara alamiah dan tanpa efek samping. "Accurate" Health Center tidak menggunakan obat tidur/obat anti depresi atau sejenisnya. Kami akan memberikan terapi secara psikologis dan pengobatan tradisional, seperti akupunktur, pijat pengobatan atau refleksi kaki untuk mengobati penyakit insomnia, tidak ketergantungan dan dapat sembuh total (dalam kurun waktu yang lama walaupun tanpa berobat lagi). Pengobatan cukup seminggu 2 kali dalam seminggu dan dalam sebulan sudah dapat terlihat hasilnya.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk mendapatkan terapi insomnia.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar