Laman

Kamis, 23 Februari 2012

Benih Kebajikan

FILOSOFI HIDUP

Sebuah pohon besar berasal dari sebutir benih yang kecil. Karena itu, janganlah kita meremehkan kebajikan kecil. Meskipun kita adalah orang miskin yang hanya mampu mendonasikan sebutir beras, namun ini juga merupakan sebutir benih kebajikan.


LELUCON

Diterima di Lowongan Pekerjaan Akuntan

Rick, lulusan sekolah akuntansi, pergi ke sebuah wawancara untuk suatu pekerjaan. Bos perusahaan menanyakan banyak pertanyaan tentang pendidikan dan pengalamannya, tetapi kemudian bertanya kepadanya, "Berapakah tiga dikalikan tujuh?"

"22", balas Rick. Setelah dia pergi, dia melakukan cek ulang jawaban pertanyaan tadi di kalkulator dan mengetahui bahwa dia tidak akan memperoleh pekerjaan tersebut.

Dua minggu kemudian, dia mendapatkan telepon yang menyatakan bahwa dia diterima! Rick setuju, dan dia mulai kerja keesokan harinya.

Dia masih merasa sangat penasaran dengan diterimanya lamaran pekerjaannya padahal menjawab dengan salah. Setelah beberapa minggu bekerja, dia akhirnya memberanikan diri untuk menanyakan hal itu, dan bossnya menjawab sambil mengangkat bahunya, "Dari sekian banyak pelamar, jawabanmu yang paling mendekati benar."


TIPITAKA

Kisah Kapila dan Ikan

Pada masa Buddha Kasapa, ada seorang bhikkhu bernama Kapila yang sangat terpelajar dalam Kitab Suci (Pitaka). Karena sangat terpelajarnya, ia memperoleh kemasyuran dan keberuntungan. Ia juga menjadi sangat sombong dan memandang rendah bhikkhu-bhikkhu lain. Bila para bhikkhu lain menunjukkan padanya apa yang pantas dan apa yang tidak pantas, ia selalu saja menjawab dengan pedas, “Berapa banyak yang kau tahu?” Hal itu menyiratkan bahwa ia tahu lebih banyak daripada bhikkhu-bhikkhu lain. Dengan demikian, lama kelamaan semua bhikkhu yang baik menjauhinya dan hanya bhikkhu-bhikkhu yang tidak baik berada di sekelilingnya.

Pada suatu hari Uposatha, ketika para bhikkhu mengulang ‘Peraturan Pokok’ bagi para bhikkhu (=Patimokkha), Kapila berkata, “Tidak ada apa yang dikatakan sebagai Sutta, Abidhamma, atau Vinaya. Tidak ada bedanya apakah kamu mempunyai kesempatan untuk mendengar Patimokkha atau tidak,” dan lain-lainnya. Kemudian ia meninggalkan para bhikkhu yang sedang berkumpul. Jadi, Kapila merupakan rintangan bagi pengembangan dan pertumbuhan Ajaran (Sasana).

Untuk perbuatan jahat ini, Kapila harus menderita di alam neraka (niraya) antara masa Buddha Kasapa dan Buddha Gotama. Setelah itu ia dilahirkan kembali sebagai seekor ikan di Sungai Aciravati. Ikan tersebut, seperti disebutkan di atas, mempunyai tubuh berwarna keemasan yang sangat indah, tetapi mulutnya berbau tidak enak yang sangat menusuk hidung.

Suatu hari, ikan tersebut ditangkap oleh beberapa nelayan dan karena sangat indah, mereka membawanya kepada Raja. Kemudian Raja membawa ikan tersebut kepada Sang Buddha. Ketika ikan itu membuka mulutnya, bau yang tidak enak dan sangat menusuk menyebar ke sekeliling. Raja bertanya kepada Sang Buddha, mengapa ikan seindah itu mempunyai bau yang sedemikian tidak enak dan menusuk hidung.

Kepada Raja dan para pengiringnya, Sang Buddha menjelaskan, “O Raja! Pada masa Buddha Kasapa, ada seorang bhikkhu yang sangat terpelajar, yang mengajarkan Dhamma pada lainnya. Karena perbuatan baik itu, ketika ia dilahirkan kembali pada kehidupan yang lain, meskipun sebagai seekor ikan, ia memiliki tubuh keemasan. Tetapi bhikkhu itu sangat serakah, sombong, dan memandang rendah orang lain; ia juga mengabaikan Peraturan Ke-bhikkhu-an (Vinaya), dan mencaci maki para bhikkhu yang lain. Karena perbuatan buruk ini, ia dilahirkan di alam neraka (niraya), dan sekarang, ia menjadi seekor ikan yang indah dengan mulut yang berbau busuk.”

Sang Buddha kemudian beralih kepada ikan itu dan bertanya apakah ia mengetahui ke mana ia akan dilahirkan kembali pada kehidupan yang akan datang. Ikan tersebut memberi isyarat bahwa ia akan masuk kembali ke alam neraka (niraya) dan ia dipenuhi dengan perasaan sangat sedih. Sebagai mana diperkirakan, pada saat kematiannya, ikan tersebut dilahirkan kembali di alam neraka (niraya), untuk menerima akibat perbuatan buruk lain.

Semua yang hadir mendengarkan kisah ikan tersebut menjadi terkejut. Pada mereka, Sang Buddha memberikan khotbah tentang manfaat mengkombinasikan antara belajar dengan praktek.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 334, 335, 336, dan 337 berikut ini :

Bila seseorang hidup lengah,
maka nafsu keinginan tumbuh,
seperti tanaman Maluwa yang menjalar.
Ia melompat dari satu kehidupan
ke kehidupan yang lain,
bagaikan kera yang senang mencari
buah-buahan di dalam hutan.

Dalam dunia ini,
siapapun yang dikuasai oleh
nafsu keinginan rendah dan beracun,
penderitaannya akan bertambah
seperti rumput Birana yang tumbuh dengan cepat
karena disirami dengan baik.

Tetapi barang siapa dapat mengatasi nafsu keinginan
yang beracun dan sukar dikalahkan itu,
maka kesedihan akan berlalu dari dalam dirinya,
seperti air yang jatuh dari daun teratai.

Kuberitahukan hal ini kepadamu:
Semoga engkau sekalian yang telah datang
berkumpul di sini memperoleh kesejahteraan!
Bongkarlah nafsu keinginanmu,
seperti orang mencabut akar rumput Birana yang harum.
Jangan biarkan Mara
menghancurkan dirimu berulang kali,
seperti arus sungai menghancurkan rumput ilalang
yang tumbuh di tepi.


VEGETARIAN

Makanan Vegetarian Tinggi Protein

Bagi Anda yang menjadi seorang vegetarian, diet, atau sedang tidak ingin mengkonsumsi daging. Anda dapat mengkonsumsi makanan berikut agar tetap mendapat asupan protein yang sesuai. Berikut jenis makanan dengan kandungan protein tinggi:

Tahu

Tahu merupakan salah satu makanan yang berbahan baku kacang kedelai. Tahu dapatdijadikan sebagai lauk atau cemilan sehat. Jenis makanan ini sangat mudah disajikan, cukup goreng hingga kering atau dijadikan tumisan. Setiap 100 gram tahu mengandung 7 gram protein.

Yogurt Yunani

Biasanya kandungan protein pada yogurt maksimum sekitar 10 gram per 8 ons penyajian. Yogurt Yunani lebih kaya akan kandungan proteinnya. Setiap 6 ons cup penyajian mengandung sekitar 15 – 20 gram protein.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik dalam hal mensubsitusi daging untuk penyajian kaserol, sup, bahkan pasta. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, gunakan kacang kalengan, dibandingkan harus merendam dan merebusnya. Satu cup kacang-kacangan mengandung 15 gram protein.

Telur

Telur merupakan sumber protein bagi vegetarian. Anda dapat menggoreng dan merebusnya dan tetap mendapatkan sekitar 6 gram protein. Cobalah mengkonsumsi omelet dengan 2 – 3 telur untuk makan malam dan Anda akan mendapat asupan protein yang cukup.

Keju Cottage

Dengan rasa yang gurih, keju mampu membeikan kelezatan di setiap penyajian masakan. Keju dapat melengkapai jenis makanan seperti sandwich, martabak, dan salad. Keju jenis ini merupakan keju segar tanpa bahan tambahan sehingga mudah basi. Keju yang merupakan terbaik dalam hal nutrisi ini mengandung protein yang sangat tinggi, setiap bungkusnya mengandung sekitar 30 gram protein.

Susu

Susu merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Secangkir skim milk mengandung 8,5 gram protein dan secangkir susu kedelai mengandung 7 gram protein. Susu kedelai mengandung asam amino esensial seperti lysine, leusin, dan isoleusin.

Sereal dan biji-bijian

Anda dapat mengkonsumsi jenis makanan seperti gandum, oat, dan produk olahan lainnya.

Sayur-sayuran

Vitamin dan mineral sangat diperlukan tubuh dan mampu melindungi tubuh dari penyakit. Anda dapat mengkonsumsi berbagai jenis sayuran seperti brokoli, jagung, lobak, bayam, dan tomat.

Buah-buahan

Buah merupakan sumber asam amino esensial yang penting bagi tubuh. Kebutuhan akan asam amino akan tercukupi ketika kita telah mengkonsumsi buah-buahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar