Laman

Selasa, 17 Juli 2012

FILOSOFI HARAPAN CINTA

FILOSOFI HIDUP

Jangan salahkan orang lain memberi harapan, salahkan diri sendiri yang terlalu berharap


LELUCON

 Hotel Melati yang Lengkap

Seorang turis bermalam di sebuah hotel melati, dia tak begitu puas terhadap hotel ini, maka ia segera mencari manajernya untuk menyatakan keluhannya.

Sang manajer bertanya: "Letak ketidakpuasan Anda di mana? Bicarakanlah satu per satu, jangan segan-segan."

Turis: "Di sini, aku memerlukan apa, apa pun tak ada."

Manajer dengan heran berkata: "Apa Anda tak salah? Peralatan di hotel ini boleh dikata cukup lengkap lho. Di kamar kecil tersedia deterjen; di kamar tidur tersedia kelambu; di meja makan tersedia alat penepuk lalat, dan di koridor tersedia gala penusuk laba-laba."


TIPITAKA

Kisah Upaka

Sang Buddha membabarkan syair 353 Kitab Suci Dhammapada, sebagai jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh Upaka, petapa bukan Buddhis, ketika Sang Buddha sedang berjalan menuju Taman Rusa (Migadaya) tempat Kelompok Lima Bhikkhu (Panca Vaggi) sedang berdiam. Sang Buddha menuju ke sana untuk membabarkan Dhammacakkappavattana Sutta pada Panca Vaggi itu, mitra lamanya, yaitu Kondana, Bhaddiya, Vappa, Assaji, dan Mahanama.

Ketika Upaka melihat Sang Buddha Gotama, ia sangat terkesan dengan pancaran sinar wajah Sang Buddha dan berkata kepada Beliau, “Kawan, Anda terlihat tenang dan murni; bolehkah saya tahu siapa guru Anda?” Kepadanya, Sang Buddha menjawab bahwa Beliau tidak mempunyai guru.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 353 berikut :

Aku telah mengalahkan semuanya.
Aku telah mengetahui semuanya.
Aku telah bebas dari semuanya.
Aku telah meninggalkan semuanya.
Setelah menghancurkan nafsu keinginan,
Aku benar-benar bebas.
Setelah menyadari segala sesuatu
melalui usaha sendiri,
maka siapakah yang patut Ku-sebut Guru?

Pada saat khotbah Dhamma itu berakhir, Upaka tidak memperlihatkan penerimaan ataupun penolakan, tetapi hanya mengangguk beberapa kali dan pergi.


VEGETARIAN

6 Fakta penting diet vegetarian

Vegetarian adalah sebutan bagi orang-orang yang memilih tidak mengonsumsi daging saat makan. Memang benar pola makan atau diet vegetarian bisa membantu seseorang menurunkan berat badannya. Namun hal itu juga tergantung jenis makanan yang dikonsumsi.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah apabila Anda memilih diet vegetarian, Anda perlu meninggalkan berbagai makanan bertepung yang cepat memicu berat badan. Diet vegetarian memang cukup susah, tetapi hasilnya pasti memuaskan dan menyehatkan. Simak fakta tentang diet vegetarian selengkapnya seperti yang dilansir dari Boldsky (03/07) berikut ini.

    Diet vegetarian terdiri dari buah, sayur, dan gandum yang akan membuat Anda sehat meskipun tidak makan daging. Selain itu, Anda akan menurunkan risiko penyakit flu burung atau lainnya yang ditularkan melalui hewan.
    Orang yang menjalani gaya hidup ala vegetarian faktanya mampu memiliki berat badan yang ideal dibandingkan dengan mereka yang masih mengonsumsi daging-dagingan.
    Buah dan sayur yang menjadi konsumsi utama vegetarian jelas mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan protein pada daging bisa ditemukan gantinya dalam sayuran, seperti kacang kedelai.
    Karena vegetarian melarang Anda makan daging, Anda harus mencari pengganti nutrisi yang terdapat pada buah dan sayur. Salah satunya lemak, yang bisa ditemukan dalam biji labu.
    Metode memasak juga penting pada diet vegetarian. Meskipun sudah tidak makan daging, jika cara memasak salah maka diet juga bisa gagal. Tetap fokus pada cara memasak yang lebih sehat dan kurangi konsumsi gula. Sebab menjadi vegetarian tidak berarti Anda langsung bisa membuat Anda benci pada makanan manis.
    Tidak semua junk food mengandung daging. Jadi sekali-kali menikmati makanan cepat saji itu tetap dibolehkan untuk memotivasi diet vegetarian Anda.

Sudah banyak selebritis yang memutuskan untuk menjadi vegetarian, seperti Pamela Anderson, Natalie Portman, atau Kareena Kapoor. Anda mungkin belum bisa merasakan manfaat menjadi seorang 'herbivora' sekarang. Namun dalam jangka panjang, Anda pasti bangga karena masih sehat dan bugar meski usia tak lagi muda. Jadi, apakah Anda tertarik menjalani pola makan vegetarian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar