Laman

Rabu, 12 September 2012

Tegas dan Keras

 FILOSOFI HIDUP

"Tegas" dan "Keras" (terutama terhadap kelemahan dan kemanjaan diri sendiri) adalah sikap positif yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang yang mau berhasil.

LELUCON

 Tanggung Jawab Pasien Dokter Gigi

Seorang Bapak membawa anaknya mencari seorang dokter gigi untuk mencabut sebuah gigi anaknya yang goyang karena longgar. Sesudah selesai melakukan operasi, dokter gigi itu minta dia membayar 50 dollar AS.

"Tetapi sebelumnya Pak dok mengatakan mencabut sebuah gigi hanya 10 dollar AS saja..." gerutu bapak anak itu karena merasa tak mengerti.

Dokter gigi segera menjawab: "Tadi anakmu berteriak-teriak begitu kerasnya, sehingga ke empat pasienku lainnya pada lari ketakutan. Ini harus menjadi tanggung jawabmu."


TIPITAKA

Kisah Pertanyaan Yang Diajukan Sakka

Dalam suatu pertemuan para dewa si surga Tavatimsa, empat pertanyaan diajukan, tetapi para dewa gagal memperoleh jawaban yang benar. Akhirnya, Sakka membawa para dewa tersebut menghadap Sang Buddha di Vihara Jetavana. Setelah menjelaskan kesulitan mereka, Sakka mengajukan empat pertanyaan berikut :
a. Di antara semua pemberian, manakah yang terbaik ?
b. Di antara semua rasa, manakah yang terbaik ?
c. Di antara semua kegembiraan, manakah yang terbaik ?
d. Mengapa penghancuran nafsu dikatakan yang paling unggul ?

Terhadap pertanyaan-pertanyaan ini, Sang Buddha menjawab, “O Sakka, Dhamma adalah termulia dari semua pemberian, terbaik dari semua rasa, dan terbaik dari semua kegembiraan. Penghancuran nafsu untuk mencapai tingkat kesucian arahat, oleh karena itu terunggul dari segala penaklukan.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 354 berikut :

Pemberian ‘Kebenaran’ (Dhamma)
mengalahkan semua pemberian lainnya;
rasa ‘Kebenaran’ (Dhamma)
mengalahkan semua rasa lainnya;
kegembiraan dalam ‘Kebenaran’ (Dhamma)
mengalahkan semua kegembiraan lainnya.
Orang yang telah menghancurkan nafsu keinginan
akan mengalahkan semua penderitaan.

Pada saat khotbah Dhamma itu berakhir, Sakka berkata kepada Sang Buddha, “Bhante, jika pemberian Dhamma mengungguli semua pemberian, mengapa kami tidak diundang untuk berbagi jasa ketika pemberian Dhamma dilakukan? Bhante, saya mohon, mulai sekarang, kami diberi pembagian jasa atas perbuatan baik yang telah dilakukan.” Kemudian Sang Buddha meminta semua bhikkhu untuk berkumpul dan menasehati mereka untuk membagi jasa kepada semua makhluk atas semua perbuatan baik mereka.

Sejak saat itu, menjadi suatu kebiasaan untuk mengundang semua makhluk dari tiga puluh satu alam kehidupan (=bhumi) untuk datang, dan berbagi jasa kapanpun suatu perbuatan baik dilakukan.


VEGETARIAN

McDonald Sajikan Menu Khusus Vegetarian

NEW DELHI, (PRLM).- Takut ditinggal pelanggan di India, McDonald pun beradaptasi dengan budaya lokal. Pasalnya, seperti dilaporkan AFP, Rabu (5/9), mayoritas warga di sana beragama Hindu dan tidak makan daging.

Padahal, pangsa pasar India sangat menggiurkan, khususnya tekait dengan populasinya yang merupakan kedua terbesar di dunia setelah Cina.

Penyedia makanan junkfood itu pun mengalah dengan membangun McD vegetarian yang akan mulai beroperasi pada Juni 2013 di Kota Amritsar. Selanjutnya cabang kedua akan dibuka Katra dekat Kuil Vaishno Devi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar