Laman

Selasa, 30 November 2010

KEBAJIKAN SENDIRI

FILOSOFI HIDUP

Selain melakukan sendiri, seseorang hendaknya juga mau menganjurkan orang lain melakukan kebajikan yang sama dengan yang telah dilakukannya sendiri


LELUCON

Membeli Liontin untuk Kekasih

Seorang laki-laki membeli sebuah liontin yang mahal di sebuah toko perhiasan. "Apakah Anda ingin mengukir nama kekasih di liontin ini, Pak?"

Lelaki tersebut kemudian berpikir sejenak, dan kemudian berkata,

"Jangan, cukup diukir seperti ini saja: 'Untuk satu-satunya orang yang sangat kucintai'. Dengan cara itu, jika seumpama kami putus, dan dia melemparkan kepadaku ketika sedang marahan, aku bisa memakainya kembali."


TIPITAKA

Kisah Sundari, Pertapa Wanita Pengembara

Pada saat jumlah orang-orang yang menghormat Sang Buddha meningkat, pertapa-pertapa bukan Buddhis mendapatkan jumlah pengikut mereka semakin berkurang. Oleh karena itu mereka menjadi sangat iri hati terhadap Sang Buddha. Mereka juga takut bahwa keadaan akan semakin buruk jika mereka tidak melakukan sesuatu untuk merusak nama baik Sang Buddha. Kemudian mereka mengundang Sundari, dan berkata kepadanya, “Sundari, kamu adalah seorang wanita muda yang cantik dan pintar. Kami menginginkan kamu membuat malu Samana Gotama dengan mengatakan kepada banyak orang bahwa kamu telah berhubungan kelamin dengannya. Dengan melakukan hal ini, citra baikNya akan rusak, pengikutNya akan berkurang sehingga banyak orang yang akan datang kepada kita. Buatlah penampilan yang terbaik dan pandai-pandailah.”

Sundari mengerti apa yang diharapkan darinya. Kemudian pada malam hari, dia pergi ke Vihara Jetavana. Ketika dia ditanya kemana hendak pergi, dia menjawab, “Saya pergi mengunjungi Samana Gotama, saya tinggal bersamanya di kamar harum (Gandha Kuti) di Vihara Jetavana.” Setelah mengatakan hal ini, dia pergi ke tempat pertapa-pertapa bukan Buddhis.

Pagi-pagi sekali keesokan harinya dia kembali ke rumahnya. Jika orang-orang menannyakan dia dari mana, dia akan menjawab, “Saya baru dari kamar harum (Gandha Kuti), setelah bermalam semalam dengan Samana Gotama.” Wanita itu terus mengatakan hal ini selama dua hari. Pada akhir hari ketiga, pertapa-pertapa menyuruh beberapa pemabuk untuk membunuh Sundari dan meletakkan jenazahnya di tumpukan sampah dekat Vihara Jetavana.

Hari berikutnya, para pertapa menyebarkan berita mengenai hilangnya pertapa wanita pengembara (Paribbajika) Sundari. Mereka pergi menghadap Raja untuk melaporkan kecurigaan mereka. Raja mengijinkan mereka untuk menyelidiki di tempat yang mereka perkirakan. Ketika menemukan jenazah di dekat Vihara Jetavana, mereka membawanya ke istana.

Kemudian mereka berkata kepada Raja, “O Raja, pengikut-pengikut Gotama telah membunuh Paribbajika Sundari dan membuang jenazahnya di tumpukan sampah dekat Vihara Jetavana, untuk menutupi kesalahan guru mereka.”

Kepada mereka, raja menjawab, “Dalam kasus ini kalian boleh berkeliling kota dan mengumumkan bukti-bukti tersebut.”

Mereka lalu mengelilingi kota membawa jenazah Sundari dan berteriak, “Lihat! Apa yang telah dilakukan oleh pengikut-pengikut Gotama! Lihat bagaimana mereka mencoba menutupi kesalahan Gotama!” Arak-arakan tersebut kemudian kembali ke istana. Para bhikkhu yang tinggal di Vihara Jetavana mengatakan kepada Sang Buddha apa yang telah dilakukan pertapa-pertapa untuk merusak nama baik dan merusak citra Sang Buddha. Tetapi Sang Buddha hanya berkata, “Anak-anak-Ku, kalian harus memberitahukan mereka mengenai hal ini”, kemudian Beliau membabarkan syair 306 berikut ini :

Orang yang selalu berbicara tidak benar
dan juga orang yang setelah berbuat kemudian berkata,
“Aku tidak melakukannya”
akan masuk ke neraka.
Dua macam orang
yang mempunyai kelakuan rendah ini,
mempunyai nasib yang sama
dalam dunia selanjutnya.

Sementara itu, raja memerintahkan anak buahnya untuk menyelidiki lebih lanjut pembunuhan Sundari. Dari penyelidikan itu mereka menemukan bahwa Sundari meninggal dunia di tangan pemabuk-pemabuk. Kemudian para pemabuk dibawa menghadap raja. Ketika ditanya, para pemabuk mengakui bahwa mereka disuruh oleh pertapa-pertapa untuk membunuh Sundari dan meletakkan jenazahnya di depan Vihara Jetavana. Raja memanggil pertapa-pertapa bukan Buddhis dan akhirnya pertapa-pertapa itu mengakui rencana mereka dalam pembunuhan Sundari.

Raja memerintahkan mereka untuk pergi berkeliling kota, mengakui kesalahan mereka pada umum. Mereka berkeliling kota dan berkata, “Kami adalah orang-orang yang membunuh Sundari, kami telah bersalah menuduh pengikut Gotama hanya untuk memalukan Gotama. Pengikut-pengikut Gotama tidak salah, kamilah yang bersalah atas kejahatan ini.”

Sebagai kesimpulan dari peristiwa ini, kekuatan, keagungan, dan keberuntungan Sang Buddha sangatlah tinggi.


VEGETARIAN

Belajar Jadi Vegetarian, Yuuk!

Semakin hari bertambah banyak orang yang mulai vegetarian. Keberadaan tersebut dapat dilihat dari banyaknya depot/ rumah makan yang menyediakan masakan vegetarian dimana selalu dipenuhi dan dipadati oleh pengunjung.

Di beberapa lokasi di kawasan Nagoya, Jodoh, dan Batam Centre bisa kita jumpai rumah makan khusus bagi vegetarian. Sehingga orang hidup vegetarian di Batam tidak akan mengalami kendala dalam memenuhi menu makan sehari-hari atau merasa bosan menu yang menoton. Karena begitu banyak menu pilihan. Bahkan informasi mengenai makanan vegetarian dapat pula dilihat dan dibaca pada toko buku yang membahas hal tersebut dan dapat dipraktekkan langsung di rumah.

Vegetarian ini sendiri yang semula merupakan ajaran agama/ kepercayaan, berkembang menjadi gaya hidup masyarakat. Bahkan alasan orang mengkosumsi vegetarian telah berkembang dan mentransformasi diri dari kesehatan, etika sampai menyentuh lingkungan.

Orang vegetarian saat makan bersama dengan orang yang tidak vegetarian terkadang orang merasa kasihan menu sederhananya, seperti tahu dan tempe. Mereka memandang makanan tersebut belum cukup dan kurang mewah. Seakan-akan makanan ini hanya cocok dikonsumsi orang-orang ekonomi menengah ke bawah. Padahal kalau dilihat dari kadar nutrisinya, makanan tersebut tidak kalah kadar gizi dengan daging yang ada, bahkan lebih baik dan sehat untuk tubuh.

Banyak orang masih merasa ragu-ragu dengan pola hidup vegetarian, apa vegetarian dapat memenuhi nutrisi tubuh dalam aktivitas hidup sehari-hari ? Sungguh tidak benar bila dikatakan seorang vegetarian akan kekurangan gizi. Orang terkadang mempunyai pandangan yang keliru bahwa untuk kerja keras perlu daging dalam jumlah besar guna mencukupi gizi yang dibutuhkan. Jika dikatakan keluarnya tenaga perlu dibantu dengan makan daging. Bagaimana tenaga dan daya tahan kerbau maupun kuda dibandingkan dengan manusia !” Sedangkan mereka seumur hidup hewan-ewan tersebut hanya mengandalkan makan rumput saja!

Apabila dicermati lebih jauh sebetulnya seorang vegetarian akan lebih sehat karena kerja alat-alat tubuh tidak dipaksakan, tidak berkuman, tidak mengandung lemak tak jenuh yang mengakibatkan penyumbatan jalan darah, mudah pencernaannya, bersih darahnya dan sehat hawa pikirannya. Sehingga bagi orang yang mau memulai makanan vegetarian mereka tidak perlu memiliki keragu-raguan atas hal tersebut.

Penelitian menunjukan mereka yang vegetarian memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan kanker dibanding mereka yang banyak mengkonsumsi daging.

Mengubah kebiasaan secara tiba-tiba menjadi pelahap sayuran tentu saja tak mudah. Apalagi bagi para pecinta daging.

Tapi, jangan menyerah sebelum mencoba yah, ikuti latihan menjadi vegetarian berikut ini, sebagai langkah awal menuju hidup lebih sehat.

1. Buatlah daftar menu makanan favorit tanpa daging.
Misalnya, gado-gado, sup kacang merah, dan sebagainya.

2. Cari tahu menu makanan tanpa daging yang rasanya enak.

3. Belanja sendiri ke supermarket atau pasar tradisional.
Warna warni dan kesegaran sayuran bisa membuat kamu tergoda untuk mengolahnya.

4. Gantilah menu yang berbahan dasar daging dengan menu yang berbahan dasar kedelai. Seperti tempe, tahu.

5. Konsumsi makanan tersebut satu hari penuh, dua hari sekali, lalu lebih sering jika sudah merasa terbiasa.(sm/id/net)

Mitos-mitos Salah Tentang Sayuran

Sayur-sayuran yang di masak terlalu lama akan terbuang vitaminya dan jangan memendam sayuran terlalu lama di freezer? Wah mana yang benar nih?

* Sayuran yang fresh dan tidak masuk dalam lemari pendingin punya lebih banyak vitamin? Anggapan ini tidak sepenuhnya salah.

Memang semua sayuran yang dipetik harus langsung di masak karena setelah pemetikan umumnya akan berkurang kadar vitaminnya. Namun yang pasti akan lebih baik menyimpan sayuran dalam lemari pendingin agar tidak layu dan mengurangi lagi kandungan vitaminnya.

Namun kamu harus berhati-hati sebab ada beberapa jenis sayuran yang tidak bertahan lama dalam lemari pendingin.

* Sayuran yang dimasak lebih banyak berkurang vitaminnya ketimbang sayuran yang di makan mentah. Memang benar sayuran yang dimasak akan menghilangkan sebagian kandungannya.

Contohnya adalah vitamin C, dan folic acid akan hilang pada buah tomat jika di masak. Namun hal baiknya, saat dimasak buah jeruk akan melepaskan vitamin A dan nutrisi berupa serat.

Sehingga tubuh kita akan mudah untuk menyerap likopen, antioksidan pencegah kanker.

* Lettuce bokor atau selada yang biasa ada di dalam isi burger kamu tidak memiliki nutrisi? Jangan langsung berpikir buruk.

Memang sayuran jenis ini memiliki banyak kandungan air sehingga tidak banyak vitamin yang dikandungnya. Namun dalam ukuran yang besar, sayuran ini mengandung sedikit protein, serat, vitamin dan mineral.

* Kentang selalu membuat gemuk. Wah, kali ini kamu salah tuh. Kentang adalah makanan yang bebas lemak dan rendah kalori. Sumber karbohidrat ini berasal dari akar tumbuhan.

Namun kentang seringkali jadi kambing hitam kegemukan badan karena salah cara memasaknya. Kentang yang dimasak dengan mentega dan digoreng dengan minyak panas akan menaikkan kadar lemak dalam tubuh kamu.

Sebaliknya, kentang tumbuk baik untuk pencernaan kamu dan bebas lemak karena melewati proses pengukusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar