Laman

Rabu, 17 Oktober 2012

HAKIKAT CINTA

 FILOSOFI HIDUP

Secinta apapun dirimu kepada seseorang, jangan sampai membuat dirimu melakukan hal buruk pada dirimu sendiri maupun orang lain


LELUCON


Foto di Surat Ijin Mengemudi

Antrian pembuatan SIM di kantor polisi penuh sesak. Antrian tidak bergerak selama hampir satu jam sampai satu orang akhirnya mendapatkan SIM.

Dia memeriksa fotonya sejenak dan berkomentar kepada petugas, "Aku berdiri dalam antrean begitu lama, foto saya akhirnya tampak kesal dan kusut."

Petugas melihat fotonya, "Tidak apa-apa," ia meyakinkan orang tersebut: "Wajah Anda akan terlihat seperti itu jika Anda kena tilang."


TIPITAKA


Kisah Deva Ankura

Sang Buddha mengunjungi alam dewa Tavatimsa untuk membabarkan Abhidhamma kepada Dewa Santusita, yang sebelumnya adalah ibu kandung Beliau. Selama masa itu, terdapat dewa yang bernama Indaka di alam dewa Tavatimsa. Indaka, dalam kehidupannya yang lampau adalah seorang pria, yang telah mempersembahkan sedikit dana makanan pada Anuruddha Thera. Karena perbuatan baik ini dilakukan kepada seorang Thera dalam masa keberadaan ajaran Buddha, maka ia mendapat pahala berlipat ganda. Kemudian, setelah kematian, dia dilahirkan kembali dalam alam Tavatimsa dan menikmati kemewahan alam dewa. Pada saat itu, terdapat dewa lain yang bernama Ankura di alam dewa Tavatimsa yang telah banyak memberikan dana; jauh lebih banyak dari pada apa yang telah Indaka berikan. Tetapi dana itu dilakukan di luar masa keberadaan ajaran Buddha. Sehingga meskipun dananya besar dan banyak, ia menikmati pahala kehidupan dewa dalam ukuran yang lebih kecil dari pada Indaka yang telah mempersembahkan sangat sedikit dana.

Ketika Sang Buddha berada di Tavatimsa, Ankura bertanya kepada Beliau alasan ketidak-sesuaian perolehan pahala itu. Kepadanya Sang Buddha menjawab, “O Dewa! Ketika memberikan dana kamu seharusnya memilih kepada siapa kamu memberi, karena perbuatan dana seperti halnya menanam bibit. Bibit yang ditanam di tanah yang subur akan tumbuh menjadi pohon atau tanaman yang kuat dan hebat, serta akan menghasilkan banyak buah; tetapi kamu telah menebarkan bibitmu di tanah yang tandus, sehingga kamu memperoleh sangat sedikit.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 356 sampai dengan 359 berikut ini :

Rumput liar merupakan bencana bagi sawah dan ladang;
nafsu indria merupakan bencana bagi manusia.
Karena itu dana yang dipersembahkan kepada
mereka yang telah bebas dari nafsu indria
akan menghasilkan pahala yang besar.

Rumput liar merupakan bencana bagi sawah dan ladang;
kebencian merupakan bencana bagi manusia.
karena itu, dana yang dipersembahkan kepada
mereka yang telah bebas dari kebencian
akan menghasilkan pahala yang besar.

Rumput liar merupakan bencana bagi sawah dan ladang;
ketidak-tahuan merupakan bencana bagi manusia.
Karena itu, dana yang dipersembahkan kepada
mereka yang telah bebas dari ketidak-tahuan
akan menghasilkan pahala yang besar.

Rumput liar merupakan bencana bagi sawah dan ladang;
iri hati merupakan bencana bagi manusia.
Karena itu, dana yang dipersembahkan kepada
mereka yang telah bebas dari iri hati
akan menghasilkan pahala yang besar.


VEGETARIAN

Makanan Untuk Vegetarian

Vegetarian merupakan sebuah pola hidup sehat dengan hanya mengkonsumsi makanan nabati. Walaupun sudah terbukti bahwa pola hidup vegetarian lebih sehat namun masih banyak orang yang memandang sebelah mata kepada pola hidup vegetarian ini. Mungkin mereka menganggap bahwa vegetarian bisa membuat tubuh malnutrisi (kekurangan nutrisi) karena hanya mengkonsumsi jenis makanan nabati saja. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah. Karena bila pola hidup vegetarian dilakukan dengan cara yang salah tentu akan berakibat pada kekurangan aneka nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Oleh karena itu, bila kita memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, maka kuncinya adalah kita harus bisa mengatur pola makan serta jenis makanan yang kita konsumsi.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk vegetarian:

* PROTEIN

Kebutuhan protein wanita dewasa sekitar 44 gram serta pada pria dewasa adalah sekitar 56 gram setiap harinya. Jumlah kebutuhan protein tersebut tidak bisa tercukupi dengan hanya mengkonsumsi 1 jenis bahan makanan saja. Pada pola hidup vegetarian, kebutuhan proteinnya bisa dicukupi dari kombinasi protein dari padi-padian, telur (bagi jenis lacto-ovo vegetarian), kacang-kacangan, produk olahan susu & kedelai, sereal (nasi, jagung, kedelai), buncis, dll


* KALSIUM

Mineral kalsium adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi kita. Untuk vegetarian, bisa mengkonsumsi sayuran hijau tua seperti sawi, bayam, dan brokoli. Namun perlu diperhatikan untuk mengatur konsumsi coklat karena kandungan asam oksalat pada coklat bisa menghalangi penyerapan kalsium pada tubuh kita. Selain pada sayuran, kita juga bisa mengkonsumsi tahu, rumput laut, dan buah - buahan kering untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh kita


* ZAT BESI

Zat besi terdapat pada semua sayuran yang berwarna hijau. Perlu diperhatikan bahwa penyerapan zat besi akan meningkat bila kita juga mengkonsumsi vitamin C. Untuk vegetarian, vitamin C diperoleh dari buah - buaha dan sayuran segar.


* VITAMIN B12

Vitamin B12 tidak terkandung pada jenis - jenis bahan nabati. Oleh karena itu, para vegetarian harus mengkonsumsi bahan makanan yang telah difortifikasi dengan vitamun B12 (makanan yang telah disisipi zat gizi tertentu dalam jumlah sedikit). Contoh makanan yang telah difortifikasi dengan vitamin B12 adalah sereal (biasa juga dalam bentuk cornflakes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar