Laman

Rabu, 21 Desember 2011

RACUN PIKIRAN


FILOSOFI HIDUP

Di samping meracuni pikiran kita, kemarahan dan kebencian juga merupakan suatu bahaya bagi kesehatan jasmani kita, ilmu pengetahuan medis telah memastikan bahwa kemarahan dan emosi yang tidak sehat lainnya dapat menyebabkan timbulnya penyakit jasmani


LELUCON

Kemana Cinta Pergi

Sepasang orang tua mengemudi di jalan raya saat mobil lain melewati mereka.

Wanita tua itu melihat penghuni mobil lain masih muda dan jelas sedang mabuk cinta. Gadis itu duduk sangat dekat dengan pacarnya saat mereka ada di jalan raya.

Hal ini menyebabkan wanita itu untuk berpikir kembali ke saat dia dan suaminya masih muda dan jatuh cinta, dan bertanya-tanya di mana kasih sayang yang telah hilang selama bertahun-tahun ini.

Akhirnya ia berkata kepada suaminya, "Ingat ketika kita dulu seperti pasangan muda itu? Kemana cinta itu pergi, Sayang?"

Pria tua itu dengan tenang menjawab, "Aku tidak bergeser kemana-mana..."


TIPITAKA

Kisah Sejumlah Bhikkhu

Suatu saat para bhikkhu dari Kosambi terpecah menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengikuti ahli Vinaya, dan kelompok lainnya mengikuti guru Dhamma. Mereka tidak mau memperhatikan meskipun Sang Buddha mendesak mereka untuk berdamai. Sehingga Sang Buddha meninggalkan mereka dan menghabiskan masa vassa seorang diri berada di hutan, dimana gajah Palileyyaka melayani Beliau.

Akhir masa vassa Y.A. Ananda pergi ke dalam hutan disertai dengan lima ratus bhikkhu. Dengan meninggalkan para bhikkhu pada suatu jarak tertentu, Y.A. Ananda sendiri mendekati Sang Buddha. Kemudian Sang Buddha menyuruh Ananda untuk memanggil para bhikkhu yang lain. Mereka semua datang, memberi hormat kepada Sang Buddha dan berkata, “Bhante! Bhante pasti telah mengalami kesulitan menghabiskan masa vassa seorang diri di hutan ini.”

Sang Buddha kemudian menjawab, “Para bhikkhu, jangan berkata demikian, gajah Palileyyaka telah merawatku sepanjang waktu. Ia sesungguhnya satu teman yang sangat baik, satu teman yang sesungguhnya. Jika seseorang mempunyai teman baik seperti ini, ia seharusnya dekat dengannya, tetapi jika seseorang tidak dapat menemukan seseorang sahabat yang baik, lebih baik tinggal sendirian.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 328, 329, dan 330 berikut ini :

Apabila dalam pengembaraanmu
engkau dapat menemukan seorang sahabat
yang berkelakuan baik, pandai, dan bijaksana,
maka hendaknya engkau berjalan bersamanya dengan senang hati
dan penuh kesadaran untuk mengatasi semua bahaya.

Apabila dalam pengembaraanmu
engkau tak dapat menemukan seorang sahabat
yang berkelakukan baik, pandai, dan bijaksana,
maka hendaknya engkau berjalan seorang diri,
seperti seorang raja yang meninggalkan negara
yang telah dikalahkannya,
atau seperti seekor gajah yang mengembara sendiri
di dalam hutan.

Lebih baik mengembara seorang diri
dan tidak bergaul dengan orang bodoh.
Pergilah seorang diri dan jangan berbuat jahat,
hiduplah dengan bebas
(tidak banyak kebutuhan),
seperti seekor gajah yang mengembara sendiri
di dalam hutan.


VEGETARIAN

Tips 8 Langkah Mudah Menjadi Vegetarian

vegetus, yang berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup (jadi tak ada hubungannya dengan sayuran). Namun sebenarnya patangan memakan makanan yang berasal dari daging hewan ini adalah salah satu ajaran ahli filsafat Phytagoras, yang kemudian diikuti Plato, Epicurus, Plutarch dan ahli filsafat lainnya. Anda ingin mulai menjadi vegetarian? Jangan takut untuk mencobanya. Semua pasti ada jalannya. Memang ada orang yang bisa dengan mudah menyesuaikan diri menjadi vegan. Namun ada juga yang tidak bisa begitu saja menjadi seorang vegetarian. Berikut ini tipsanda.com akan memberikan tips 8 langkah mudah menjadi vegetarian:

1. Step #1. Pertimbangkan apa alasan Anda menjadi seorang vegetarian. Jika Anda sudha yakin, maka bersungguh-sungguhlah. Anda bisa bergabung dengan milis kelompok vegetarian. Dari kelompok ini, Anda bisa tahu banyak tentang kehidupan seorang vegetarian.

2.Step #2. Setelah mantap dengan keputusan Anda, bentuk pola makan baru secara bertahap. Misalnya perlahan konsumsi daging merah diganti dengan daging ayam.

3. Step #3. Setelah berhasil, perlahan gantilah daging ayam dengan meat substitute seperti veggie nuggets, veggie hot dogs atau veggiew burger. Sebenarnya daging pengganti ini dibuat dari jamur, tempe, tahu atau beras yang diolah dengan menambahkan aroma atau rasa daging. Jadi, rasanya sudah pasti mirip daging.

4. Step #4. Jangan lupa pilih variasi makanan. Termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan Anda memperoleh segala nutrisi yang diperlukan tubuh setelah asupan gizi dari hewan berkurang. Konsumsilah makanan segar sebisa mungkin. Setidaknya ini juga membantu proses kelengkapan asupan nutrisi pada tubuh. Makanan yang dimasak terlalu lama atau dimasak berulang-ulang, kandungan gizinya pun banyak berkurang.

5. Step #5. Jika Anda berkomitmen untuk menjadi vegetarian atau vegan, sebaiknya konsumsi makanan-makanan terbaik. Jadi, carilah maknaan organic atau Anda bisa memulai menanam bahan makanan di halaman rumah. Makan organic ini biasanya tumbuh tanpa pestisida atau atau zat kimia untuk kesuburan. Anda tak perlu khawatir denga racun darim kamanan. Lalapan juga bisa jadi pelengkap manu Anda.

6. Step #6. Tambahkan produk kacang kedelai di menu, kecuali Anda alergi terhadap kedelai. Kedelai adalah sumber protein yang bagus. Ditambah lagi kedelai memiliki kelebihan lain bagi kesehatan, yaitu membantu Anda terlindungi dari kanker.

7. Step #7. Cobalah berkreasi dengan bahan-bahan makanan. Anda bisa mencoba masakan etnik ala India, China, Thailand, Italia dan Meksiko. Masakan dari negara-negara tersebut biasanya tak berdaging.

8. Step #8. Kalau sudah nyaman dengan pola makan baru ini, teruskan. Namun, jika Anda mulai bingung dengan menu makanan, restoran vegetarian sekarang sudah banyak. Menunya pun sedap-sedap. Bisa juga Anda membeli buku resep makan vegetarian. Selain rasanya lebih pas dengan selera. Anda juga bisa lebih yakin tak ada kandungan daging di dalamnya dibanding membeli masakan jadi di luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar