Laman

Selasa, 19 April 2011

SEBAB AKIBAT

FILOSOFI HIDUP

Sering terjadi seseorang yang berbuat jahat, menerima nikmat kesenangan selama perbuatan jahat yang dilakukannya belum berbuah, tetapi bilamana nanti buah dari perbuatan jahatnya telah masak maka ia akan menerima (betapa pahit) akibatnya


LELUCON

Merek-Merek Parfum Mewah

Seorang wanita tua naik lift di Gedung Kantor New York City yang sangat mewah. Seorang wanita muda dan cantik masuk ke dalam lift dan berbau wangi lalu menoleh kepada wanita tua dan berkata angkuh, "Giorgio - Beverly Hills, $100 per ounce"

Wanita muda dan cantik berikutnya naik di lift dan juga sangat arogan menatap menjadi wanita tua itu dan berkata, "Chanel No 5, $150 per ounce!"

Sekitar tiga lantai kemudian, wanita tua itu telah mencapai tujuannya dan akan turun lift. Sebelum dia pergi, dia melihat kedua wanita cantik itu, tersenyum, lalu membungkuk, dan mengeluarkan sebuah kentut yang berbau paling busuk.

Dia meninggalkan kedua wanita itu di dalam lift, sambil mengatakan "Brokoli, 49 sen sekilo!"


TIPITAKA

Kisah Raja Pasenadi dari Kosala

Suatu hari, Raja Pasenadi dari Kosala pergi ke vihara untuk memberi hormat kepada Sang Buddha setelah raja bersantap dengan banyak. Raja mempunyai kebiasaan makan seperempat sangku (setengah gantang) nasi dan kari daging. Saat di hadapan Sang Buddha, raja merasa sangat mengantuk sehingga ia terus menerus terangguk-angguk menahan kantuk dan hampir tidak dapat mempertahankan dirinya untuk tetap terjaga. Kemudian ia berkata kepada Sang Buddha, “Bhante! Saya merasa sangat tidak nyaman setelah saya makan.” Padanya, Sang Buddha menjawab, “O, Raja! Orang serakah banyak makan benar-benar menderita dengan cara seperti itu.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 325 berikut :

Jika seseorang menjadi malas, serakah,
rakus akan makanan dan suka merebahkan diri
seperti babi hutan yang berguling-guling ke sana kemari.
Orang yang bodoh ini akan terus menerus dilahirkan.

Setelah mendengarkan khotbah Dhamma itu, Raja mengerti pesan tersebut, berangsur-angsur mengurangi jumlah makanan yang dimakannya. Hasilnya, ia menjadi jauh lebih bersemangat dan mudah berjaga, oleh karena itu ia juga berbahagia.


VEGETARIAN

Cara termudah menjadi Vegetarian

Bagi mereka yang pembawaan lahirnya tidak suka memakan makhluk berjiwa, sering mutih atau puasa, tentu dengan mudah dapat langsung menjadi vegetarian.

Sedangkan bagi mereka yang suka makan daging hewan dan sulit untuk melepaskan hawa pembunuhan, nafsu, ego dan emosi hewan yang telah mendarah daging di dalam tubuhnya dapat membersihkannya secara bertahap dengan mengikuti 3 cara yang mudah dan sederhana berikut ini :

Langkah pertama:
Pilihlah waktu yang teringan setiap hari untuk bervegetarian secara disiplin selama setengah hari (12 jam), yaitu mulai jam 12 malam sampai dengan jam 12 siang. Ini berarti setengah dari sisa hidup Anda di bumi ini telah menjadi vegetarian.
Bila dalam tiga bulan Anda telah berhasil melakukan langkah pertama ini, maka Anda akan berhasil selamanya.

Langkah kedua:
Pada saat bersamaan Anda menjalankan langkah pertama, pilihlah tiga jenis daging hewan yang paling Anda sukai untuk tidak dimakan selama hidup Anda.
Bila dalam tiga bulan Anda telah berhasil untuk tidak sama sekali memakan ketiga jenis daging tersebut, maka Anda akan berhasil selamanya, dan Anda dapat meneruskan langkah berikutnya.

Langkah ketiga:
Pada langkah ini, Anda akan dapat dengan mudah menjadi vegetarian sepenuhnya, yaitu selama 24 jam setiap hari. Bila dalam tiga bulan Anda telah berhasil melakukan langkah ketiga ini, maka Anda akan berhasil menjadi vegetarian selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar